Alexandra saat ini sudah berusia pakai lebih dari 3 tahun, dan selama itu pula belum pernah bongkar mesin untuk servis besar. Hehehe.. bukannya malas, tetapi karena memang Alexandra g pernah ada masalah mesin dalam waktu selama itu, jd cukup dengan service rutin saja. Saat ini aq putuskan untuk servis besar dikarenakan aq sudah cukup merasakan bahwa mesin si Alex mulai kelelahan, jd tanpa pikir panjang coba deh servis besar, sekalian ingin tahu kondisi parts jeroan mesin, selama pemakaian 3 tahun ini ada yang rusak atau masih tetep oke.
Terhitung di odometer, servis besar aku lakukan di kilometer 39rb.. wow, cukup telat sepertinya hehehe. Kali ini aq percayakan service besar Alexandra di bengkel resmi (beres) Jenggolo, Sidoarjo. Lho, kq di Sidoarjo? bukannya aku domisilinya di Malang? Yap, ya alasannya simpel aja, karena aq pribadi ngrasa lebih worthed aja di Jenggolo, jarak yang lumayan jauh g jd masalah buatku, asal hasil pengerjaan dan pelayanan sesuai seperti apa yang aku harapkan.
Back to the topic, Setelah blok mesin mulai dibongkar, perlahan-lahan mulai terlihat permukaan piston. Dan apakah yang terjadi, ternyata selama usia Alexandra 3th ini menghasilkan kerak yang lumayan tebal didalam ruang bakar, hmm.. pantes mesin jadi terasa kelelahan banget saat diajak akselerasi. Apakah karena penggunaan premium ya? atau zat aditif? ah sepertinya memang karena usia saja, dan memang sudah waktunya. Untuk lebih jelasnya tentang kondisi ruang bakar, bisa dilihat pada gambar berikut
Dari gambar diatas cukup jelas rasanya tentang kondisi ruang bakar yang sudah berkerak lumayan. Namun selain dari kerak, aku akhirnya jg mengetahui tentang kondisi rantai kamprat serta plastik pengaitnya, dan packing yang alhamdulillah masih bagus. Soalnya sempet khawatir juga sebelumnya karena punya salah satu teman habis servis besar di salah satu BERES, lalu beberapa saat kemudian kembali servis besar lagi di BERES cm kali ini d Jenggolo, karena merasa ada yg tdk oke dgn motor tunggangannya. Diketahui plastik pengait rantai kampratnya salah satu ada yg patah! tidak itu saja, bahkan packing yang menyambungkan antara blok dan kop pun tidak ada alias hilang. Kalo suatu saat misal kejadian ini tidak diketahui, terus mesin jebol krn kompresi terlalu tinggi, siapa yg salah coba?
Kembali ke masalah kerak, saat itu Alexandra aku percayakan pada seorang mekanik beres jenggolo, sebut saja Andre namanya..hehe. Oleh mas Andre ruang bakar Alexandra digosok menggunakan plat palet guna merontokkan kerak-kerak yang menempel, dan finishingnya menggunakan kasa kawat dengan sesekali disemprot angin bertekanan yang dicampur dengan bensin.
Sang mekanik terlihat cukup cekatan dan tlaten dalam membersihkan ruang bakar. Aku amatin sekilas juga hasil pengerjaannya cukup bersih dan rapi. Jadi makin tidak sabar untuk segera mencoba Alexandra dengan mesin “segar” hehehehe. Setelah beberapa saat, blok mesin ruang bakar, serta piston, telah dibersihkan kerak-keraknya. Sekarang piston sudah seperti baru lagi.
Wow, melihat hasilnya yang bersih seperti gambar diatas, rasa penasaran akan ingin mencoba perbedaannya pun semakin besar..hehehe. Yasudahlah, akhirnya mas Andre pun mulai merakit perlahan-lahan mesin Alexandra. Packing pun tak lupa di lem dengan sealant agar kompresi tak bocor.
Setelah kop mulai dipasangkan, aq meminta sang mekanik untuk mengecek beberapa parts seperti camshaft, klep, per klep, serta rantai kamprat. Dan hasilnya tidak ada masalah atau kecacatan pada beberapa parts tersebut, dan aku juga sudah memastikan dengan tanganku sendiri. Fiuh, syukurlah, cukup lega batinku.
Langsung deh, tak lupa ganti oli sekalian biar mesin benar2 “segar”, sang mekanik aku persilahkan untuk segera menyelesaikan pekerjaannya. Tidak terlalu lama aku pikir tentang proses pengerjaan servis besar mulai awal sampai akhir, tidak lebih dari 1 jam koq. Benar2 beres yang recommended nih pikirku..hehe. Oiya, setiap konsumen yang servis, gratis 1 Teh Botol lagi..hmm… benar2 beda.
Setelah semuanya terpasang seperti semula, dan Alexandra siap untuk ditunggangi, tak lupa untuk menyelesaikan administrasi. Langsung deh aq coba perbedaannya di trek aspal jalanan di Jenggolo. dan hasilnya adalah, amazing, ternyata dengan servis besar saja sudah memberikan efek yang signifikan pada mesin dan performancenya!
Dari tulisan diatas saya pribadi semakin yakin dengan kinerja beres Jenggolo, Sidoarjo, Jatim. Pelayanannya yang baik, hasil yang memuaskan, aku rasa sudah jadi bayaran yang setimpal dengan jarak yang harus aku tempuh untuk menuju kesana..hehehe 😛
Sekian review tentang service besar Alexandra, ciao! 😀
namanya keyennn…
huahahahaha…. asik kan 😛
Yg kmarin sama 0m 0swald itu ya 😀 maunya ku tarik tp kduluan 0m 0swald :-D,.tp beres jenggolo memang 0k ,aq ae tiap servis jg kesana
Hidup jenggolo! 😀
Super……..
pasti mw bilang supermen.. ~_~
mantab….oya yg kmaren da sembuh motor u?
mesin sudah, cuma masalah BCU masih tetep om…
ckckc, megison baru 4 tahun 81.000 km ana aja belum pernah service besar,,ckckckckc
http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/28/tips-mencuci-rantai-sepeda-motor-ala-honda/
alhamdulillah.. ngacirr lagi
Kirain mobil
punyaku dah 62.000 km g ada masalah nih… belum pernah servis besar….
wah sebaiknya segera masbro, biar mesin lebih segar dan lebih ngacir..hehehe
salam kenal gan, alhasil minimal 3th sekali untuk servis besar, bahkan ada pengaruh terhadap mesin, akan ane coba, mengingat hingga saat ini tunggangan ane masih sehat wal afiat…. ok